Today

Mazda 6e Hadir di Eropa, Lebih Premium dari EZ-6? Ini Daftar Bedanya

Andri Hakim

Supernews.co.id-Model yang dikenal di Tiongkok sebagai Mazda EZ-6, hasil kolaborasi antara Mazda dan Changan Automobile, kini tampil di pasar Eropa dengan nama Mazda 6e.

Peluncuran resminya untuk Eropa dilakukan pada 10 Januari 2025, dengan penjualan dimulai musim panas tahun yang sama.

Meski berbasis same platform (EPA) dan rangkaian teknologi yang sama, ada sejumlah penyesuaian khusus untuk pasar Eropa yang membuat Mazda 6e berbeda dibandingkan versi EZ-6 di Tiongkok.

Perubahan Utama dari EZ-6 ke Mazda 6e

1. Nama dan Branding

  • Di pasar Tiongkok: model diberi nama “Mazda EZ-6”.
  • Di Eropa: diberi nama “Mazda 6e”.
    Penamaan ini memberi sinyal bahwa Mazda 6e adalah lanjutan listrik dari generasi sedan Mazda 6.

2. Spesifikasi Baterai & Jarak Tempuh

  • Versi China (EZ-6) menawarkan baterai LFP 77,94 kWh dan jarak tempuh hingga sekitar 600 km menurut standar CLTC.
  • Versi Eropa (6e) hadir dengan pilihan baterai berbeda: 68,8 kWh LFP atau 80 kWh NMC untuk BEV; jarak tempuh WLTP diklaim hingga sekitar 552 km untuk versi baterai besar.
    Dengan demikian, Mazda 6e mengakomodasi standar pengukuran Eropa (WLTP) yang biasanya lebih konservatif dibanding CLTC.

3. Varian yang Tersedia

  • EZ-6 di Tiongkok: tersedia versi BEV dan juga versi dengan range-extender (EREV).
  • 6e di Eropa: dipasarkan hanya sebagai BEV (battery electric vehicle), tanpa pilihan range-extender untuk awal.
    Ini menunjukkan bahwa Mazda menyesuaikan pasar Eropa dengan fokus pada elektrifikasi murni.
Baca Juga:  BYD Sealion 06 Laris Gila, 100 Ribu Unit dalam 100 Hari

4. Harga dan Posisi Pasar

  • EZ-6 di Tiongkok dijual mulai dari sekitar 159.800 yuan – 181.800 yuan.
  • 6e di Eropa mulai dari sekitar €44.900 (untuk pasar Jerman) angka ini lebih dari dua kali lipat dibanding versi China, meskipun basisnya sangat mirip.
    Harga yang lebih tinggi ini mencerminkan pajak, regulasi, dan biaya distribusi di pasar Eropa.

5. Penyesuaian Dimensi dan Spesifikasi Ringkas

  • Menurut sumber Mazda, dimensi 6e: Panjang 4.921 mm, Lebar 1.890 mm, Tinggi 1.491 mm, Wheelbase 2.895 mm.
  • Di versi China, spesifikasi tinggi dan wheelbase sedikit berbeda sesuai konfigurasi lokal.
    Selain itu, interior dan fitur hiburan juga mengalami penyesuaian agar memenuhi selera dan regulasi Eropa.

6. Fokus Desain & Karakter Berkendara

Mazda 6e meneruskan filosofi desain “Authentic Modern” dan filosofi berkendara khas Mazda, yaitu “Jinba Ittai” (kesatuan pengemudi dan mobil).

Namun, untuk Eropa, Mazda menekankan karakter sport-sedan RWD (rear-wheel drive) yang lebih “driver-centric” dibanding sebagian besar EV lain yang lebih fokus pada efisiensi semata. Contohnya, pengujian menunjukkan Mazda 6e memberikan sensasi mengemudi yang menyenangkan di jalan berliku.

ChatGPT said:

Berikut tabel perbandingan spesifikasi antara Mazda EZ‑6 (versi Tiongkok) dan Mazda 6e (versi Eropa), berdasarkan data publikasi resmi dan sumber sekunder:

SpesifikasiMazda EZ-6 (Tiongkok)Mazda 6e (Eropa)
Dimensi (P × L × T)± 4.921 mm × 1.890 mm × 1.485 mm4.921 mm × 1.890 mm × 1.491 mm
Wheelbase± 2.895 mm (atau sekitar 2.900 mm) 2.895 mm
PowertrainBEV + EREV pilihan. BEV: motor 190 kW/258 PS, torsi ~320 Nm BEV saja: varian 190 kW/258 PS dan varian 180 kW/245 PS
Kapasitas bateraiBEV: 56.1 atau 68.8 kWh (LFP) 68.8 kWh atau 80 kWh
Jarak tempuh (standar)BEV: hingga ± 600 km (CLTC) untuk versi 68.8 kWhHingga ± 552 km (untuk baterai besar) per WLTP
Varian penggerakRWD (BEV) dan EREV (rijkaan range-extender) Hanya BEV (RWD) untuk versi Eropa awal
Harga awal pasarChina: mulai dari 139.800 yuan hingga 181.800 yuan Eropa: mulai dari sekitar €44.900 (tergantung pasar)
Fokus pasar & strategiPeluncuran pertama di Tiongkok; dua jenis powertrainFokus BEV untuk Eropa; adaptasi spesifikasi sesuai pasar Eropa
Fitur & teknologi interiorInterior dengan layar besar, AR-HUD, audio premium, banyak fitur digitalInterior premium yang disesuaikan pasar Eropa; fitur human-centric interactivity

Catatan Penting

  • Angka-angka untuk EZ-6 menggunakan standar Tiongkok (CLTC) yang umumnya menghasilkan jarak tempuh lebih tinggi dibanding standar Eropa (WLTP) sehingga jarak tempuh tidak langsung bisa dibandingkan satu-satu dengan angka Eropa.
  • Spesifikasi untuk Mazda 6e di Eropa masih bisa berbeda sesuai negara, trim, dan regulasi setempat.
  • Varian EREV (range-extender) di EZ-6 belum diumumkan untuk pasar Eropa dalam versi 6e awal, sehingga perbandingan difokuskan ke versi BEV.
Baca Juga:  Review SUV Bekas di Bawah Rp 60 Juta, Pilihan Murah tapi Tetap Gagah

Mengapa Perubahan Ini Penting?

Dengan perubahan tersebut, Mazda tidak sekadar “memasarkan ulang” EZ-6 di Eropa, melainkan melakukan adaptasi agar sesuai dengan preferensi pelanggan Eropa: pengendalian dinamis, brand image premium, dan fitur-ekonomi yang sesuai dengan regulasi & budaya mobil listrik Eropa.

Fokus pada BEV saja (tanpa EREV) menunjukkan komitmen Mazda masuk ke era elektrifikasi murni di pasar tersebut. Sementara perbedaan harga mencerminkan tantangan struktural global dalam produksi dan distribusi EV.

Mazda 6e dapat dianggap sebagai versi global dari Mazda EZ-6, tetapi dengan sejumlah penyesuaian signifikan agar cocok untuk pasar Eropa: nama berbeda, konfigurasi baterai & range yang disesuaikan dengan standar WLTP, hanya versi BEV yang disediakan, dan harga yang lebih premium.

Bagi konsumen Eropa yang menginginkan kendaraan listrik bergaya sedan coupé, dengan nuansa Mazda dan performa RWD, 6e hadir sebagai opsi menarik yang berbeda dari mayoritas EV lainnya yang berbasis crossover atau SUV.

[addtoany]

Related Post